A. PENGERTIAN IKLAN
Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak
banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang
ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang
mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti kran dan
majalah atau di tempat-tempat umum.
Kata Iklan berasal dari kata Yunani yang artinya
menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap yaitu
semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan penemu/ide, barang
dan/atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.
Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi
nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan
dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi
yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil
tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.
B. JENIS-JENIS IKLAN
Iklan dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal, dalam
pembelajaran ini disajikan jenis iklan berdasarkan media yang digunakan dan
tujuan iklan. Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan
sebagai berikut:
1. Iklan Cetak
Iklan cetak
adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran,
majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media
surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu:
a. Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan yang hanya dibuat dalam
beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari
satu kolom. Biayanya reletif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk menghemat
biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan
ini umumya disingkat , penuh makna, dan sederhana. Hal yang di iklankan dalam
iklan baris biasanya iklan lowongan pekerjaan, barang dan jasa dll.
b. Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang dibuat dalam bentuk
kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga
dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Hal
yang di iklan kan berupa iklan barang dan jasa, loker dan lain- lain.
2. Iklan Advertorial
Iklan
advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3. Iklan Display
Dilihat dari
bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini,
ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4. Iklan elektronik
Iklan
elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan
elektronik dapat digolongkan menjadi:
a. Iklan Radio
Iklan radio adalah iklan yang dipublikasikan melalui
radio berupa kombinasi dari bunyi kata- kata (voice) dan efek suara (sound
effect) dan iklan ini hanya di dengar.
b. Iklan televisi
Iklan televisi adalah iklan yang dipublikasikan
melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak. Iklan ini
dapat dilihat dan juga bisa didengar.
c. Iklan internet
Iklan internet adalah iklan yang dipublikasikan
melalui internet beragam. Ada yang didengar, dan juga ada pula yang di baca.
Selain dibedakan berdasarkan jenis media yang
digunakan , iklan juga bisa dibedakan berdasarkan tujuannya. Berdasarkan
tujuannya, iklan dapat digolongkan menjadi:
• Iklan Komersial Iklan yang bertujuan untuk
memasarkan barang dan jasa. Iklan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu
iklan taktis dan iklan strategis.
• Iklan taktis Iklan takstis adalah iklan yang
bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli.
• Iklan strategis Iklan strategis adalah iklan yang
membangun merk dagang.
d. Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang bertujuan untuk
membangun citra perusahaan yang berujung pada membangun citra produk atau jasa
yang diproduksi oleh perusahaan teersebut agar dibeli.
e. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan
untuk memberikan pelayanan kepada
masyarakat dengan mangajak atau menghimbau
untuk tidak atau melakukan sesuatu.
Berikut adalah
contoh iklan layanan masyarakat:
Iklan tersebut mengajak kepada khalayak banyak untuk ikut andil dalam
menanam pohon, tujuan dari iklan tersebut adalah untuk menyelamatkan bumi dan
sumber daya alamnya agar bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya .
Kita juga diajak untuk memulai gerakan baru yang bersifat reboisasi sebab jika
kita tak acuh terhadap kondisi lingkungan di sekitar kita, keadaan alam dan
juga kelangsungan hidup bumi beserta isinya akan hancur. Melalui iklan ini,
kita diimbau untuk melakukan reboisasi agar keadaan alam di bumi tetap stabil
dan tetap lestari.
Ya, mestinya bagian yang paling banyak adalah di penjelasan makna iklan.
ReplyDelete